Tuesday, May 28, 2013

Ukiran Jepara

Ukiran Jepara. Dari berbgai macam gaya ukir di daerah jawa, seni ukir jepara termasuk yang paling terkenal. Saking terkenalnya, seni ukir jepara sampai ke manca negara.. Bahkan bagi beberapa pekerja seni ukir kayu, gaya ukiran jepara seringkali menjadi rujukan.
ukiran jepara
Ukiran Jepara mempunyai ornament-ornamen yang khas. Dan dipasaran mebel, branded ukiran khas jepara mampu bersaing dengan yang lainnya. Kualitasnya terkenal baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan daerah pemasaran karya ukiran jepara yang merata ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan sampai ke manca Negara.

Ukiran Jepara

Perkembangan ukiran jepara sudah dimulai sejak jaman dulu, bahkan disebutkan sudah ada sejak abad ke 13. Kemudian seni ukir jepara mengalami perkembangan, sampai dengan sekarang. Perkembangan seni ukirnya mengikuti perkembangan jaman, yang pada saat ini lebih dikenal dengan seni modern. Ciri khas utama ukiran jepara adalah bahan dasarnya terbuat dari kayu jati, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas agar tetap selalu tejaga dengan baik. Kemudian keaslian warna kayu dibiarkan apa adanya. Tradisi yang mempertahankan keaslian warna kayu ini tak lepas dari daerah Jepara yang tidak terikat oleh wilayah keraton sebagai pusat pengendali karena jaraknya yang relatif jauh, sehingga simbolisasi warna dalam kejawen tidak begitu nampak pada gaya ukiran Jepara. Jepara memiliki pesaing dalam hal memproduksi Mebel,yakni vietnam,akan tetapi jepara masih bisa bertahan dengan sangat baik dalam memproduksi Mebel khas,bahkan bukan di kota jepara saja,tetapi sudah menyebar di seluruh nusantara,meskipun orang yang tersebar itu adalah asli orang jepara yang bertransmigrasi.

0 comments:

Post a Comment